Cara Mengirim Email Menggunakan Python



Cara Mengirim Email Menggunakan Python


Hai guys ketemu lagi sama saya :) bosen ga ? jangan ya hehe :v kali ini saya mau berbagi ilmu yang sudah saya dapatkan dari google.com :v yap sesuai dengan judul disini saya akan memberitahukan kalian Cara Mengirim Email Menggunakan Python anjay ngulik , seperti yang kita tahu Python memiliki bahasa pemrograman yang simple dan tidak ribet/membuat pusing :v .

Python juga memiliki modul bawaan yaitu smtplib dan modul email yang berguna untuk mengirim email. Kita akan menggunakan modul ini untuk mengirimkan pesan dari akun email kita ke alamat email seseorang menggunakan Python. Dalam hal ini kita menggunakan contoh gmail. Untuk email dari provider lain, tinggal kita sesuaikan saja alamat server emailnya CEKIDOT.

Email Tanpa Lampiran :

Gmail memiliki fitur keamanan baru bernama “less secure apps”. Kalian harus mengubahnya terlebih dahulu dari OFF ke ON pada akun gmail Kalian untuk mengizinkan aplikasi Python mengakses email Kalian.

Berikut contoh source code email tanpa lampiran.

import smtplib from email.mime.multipart import MIMEMultipart from email.mime.text import MIMEText fromaddr = "EMAIL PENGIRIM" toaddr = "EMAIL PENERIMA" msg = MIMEMultipart() msg['From'] = fromaddr msg['To'] = toaddr msg['Subject'] = "SUBJECT" body = "ISI PESAN" msg.attach(MIMEText(body, 'plain')) server = smtplib.SMTP('smtp.gmail.com', 587) server.starttls() server.login(fromaddr, "PASSWORD GMAIL") text = msg.as_string() server.sendmail(fromaddr, toaddr, text) server.quit()
Silahkan sesuaikan isi dari baris sesuai dengan yang seharusnya. Ganti semua yang ditulis dalam huruf besar. Cobalah isi baris From dan To keduanya dengan  alamat email milik Kalian sendiri agar Kalian bisa mengecek apakah pesannya sukses terkirim atau tidak. Setelah selesai, jalankan program dan periksa kotak masuk alamat email penerima.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Email Dengan Lampiran : 

Seringkali kita memiliki lampiran yang harus dikirimkan via email. Python bisa melampirkan berkas bersama dengan email yang akan Kita kirim. Sebelumnya Kalian harus memastikan settingan “less secure apps” di akun gmail Kalian sudah di ON kan.

Berikut source code untuk mengirim email dengan lampiran di Python.


  1. import smtplib
  2. from email.mime.multipart import MIMEMultipart
  3. from email.mime.text import MIMEText
  4. from email.mime.base import MIMEBase
  5. from email import encoders
  6. fromaddr = "ALAMAT EMAIL PENGIRIM"
  7. toaddr = "ALAMAT EMAIL PENERIMA"
  8.  
  9. msg = MIMEMultipart()
  10.  
  11. msg['From'] = fromaddr
  12. msg['To'] = toaddr
  13. msg['Subject'] = "JUDUL PESAN"
  14.  
  15. body = "ISI PESAN"
  16.  
  17. msg.attach(MIMEText(body, 'plain'))
  18. # Lampiran, sesuaikan nama filename dengan nama di attachment
  19. filename = "NAMA FILE"
  20. attachment = open("PATH KE FILE", "rb")
  21.  
  22. part = MIMEBase('application', 'octet-stream')
  23. part.set_payload((attachment).read())
  24. encoders.encode_base64(part)
  25. part.add_header('Content-Disposition', "attachment; filename= %s" % filename)
  26.  
  27. msg.attach(part)
  28.  
  29. server = smtplib.SMTP('smtp.gmail.com', 587)
  30. server.starttls()
  31. server.login(fromaddr, "PASSWORD EMAIL PENGIRIM")
  32. text = msg.as_string()
  33. server.sendmail(fromaddr, toaddr, text)
  34. server.quit()



Sesuaikan isi dari baris ke 7814162122, dan 33. Untuk nama file lampiran pada baris ke 21, harus sama dengan nama file pada baris ke 22 agar file tidak corrupt. Misalnya, baris ke 21 isinya dibuat filename = "mydoc.docx" dan baris ke 22 dibuat attachment = open("D:\\dokumenku\\mydoc.docx", "rb"). Setelah selesai, silahkan coba program Anda apakah sudah bisa mengirimkan email.

Sekian dari Tutorial kali ini sampai bertemu di postingan selanjutnya :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Aplikasi Belanja Sederhana Menggunakan Python

4 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Website Back-End