Mengenal Progressive Web App (PWA)

 


Mengenal Progressive Web App (PWA)

Halo guys ketemu lagi sama saya, berikut ini Mengenal Progressive Wev App, ok langsung aja kita ke pembahasan....


Progressive Web App adalah suatu teknik bagaimana Anda dapat mengakses dengan cepat pengalaman website dan aplikasi menjadi satu tanpa harus menginstall / memasang aplikasi tersebut. Sederhananya, PWA memungkinkan kita untuk bisa mengakses dengan cepat suatu aplikasi dengan tampilan mobile web pada perangkat smartphone.

Terkadang, setiap smartphone mempunyai keterbatasan dalam menginstall aplikasi, sehingga pilihan untuk menginstal aplikasi native menjadi pertimbangan dikarenan resource yang terbatas dan dapat menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat. Menggunakan Progressive Web App (PWA) diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi masalah dimana PWA dapat berjalan layaknya seperti aplikasi native yang di instal pada smartphone.

PWA didukung dnegna sistem yang bernama Service Worker, dimana teknologi ini memberikan fungsionalitas offline, notifikasi, update konten, pergantian konektifitas dan lainnya. Sehingga, dalam koneksi yang lambat atau koneksi yang tidak stabil, Anda dapat mengakses website dengan cepat dan mempunyai tampilan yang sama seperti terakhir anda membuka aplikasinya melalui web browser.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri website sudah terpasang PWA :

  • Instant loading
Hal ini lah yang dinamakan service worker dimana kita dapat mengkases aplikasi / website meskipun dalam keadaan offline sekalipun.
  • Connectivity Independent
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, fitur ini dapat mempermudah kita mengakses di kondisi koneksi apapun.
  • App-like Mode.
Dengan menggunakan PWA ini, seolah kita membuat aplikasi native pada smartphone yang tidak harus diinstal pada smartphone kita. Ini memungkinkan karena PWA sendiri dibuat dengan model App Shell dalam full screen mode.
  • Fresh dan Safe
PWA lebih smooth dan dapat diakses dengan cepat selain itu juga dapat diakses dengan aman melalui perangkat apapun.
  • Discoverable
PWA bisa teridentifikasi sebagai “aplikasi” oleh mobile device, dengan menggunakan W3C Web App Manifest dan Service Worker registration scope yang memungkian mesin pencari bisa menemukannya. Padahal kita tidak menginstal aplikasi tapi diakses melalui PWA.
  • Re-engageable, Installable, dan Linkable
ketiga poin ini menggambarkan PWA mempunyai fitur yang sangat beragam sehingga akan lebih praktis digunakan. seperti yang kita ketahui, saat kita mengakses suatu website yang terintegrasi dengan PWA, akan memunculkan notifikasi apakah kita ingin menambahkan ke Homescreen, jika iya, maka aplikasi akan muncul di homescreen tanpa harus melewati proses intalasi, dan untuk mengaksesnya tinggal melakukan klik icon aplikasi pada homescreen.

 

Sekian dari saya , sampai jumpa di post berikutnya...

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Aplikasi Belanja Sederhana Menggunakan Python

Cara Mengirim Email Menggunakan Python

4 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Website Back-End